- sejarah sebagai kisah adalah kumpulan cerita-cerita dimasa lampau yang disampai secara turun menurun yang disampaikan.
- sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian-kejadian yang mempunyai hubungan dengan masa lalu masa sekarang dan masa akan datang
- sejarah sebagai ilmu adalah sejarah yang diajarkan disekolah-sekolah sebagai bagian pelajaran ilmu pengetahuan sosial
- sejarah sebagai seni adalah bagian dari karya sasta yang disampaikan melalui cerita-cerita atau legenda yang menyenangkan bagi pembaca
26 Desember 2007
mengenal ruang lingkup ilmu sejarah
SEKOLAHKU
MODUL 3 KELAS X SEMESTER 2
Modul : Sejarah Nasional Indonesia
Standar Kompetensi :Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia
Kompetensi dasar : Kehidupan awal masyararakat Indonesia
Kelas : X (sepuluh)
Semester :2 (dua)
Waktu : 8 x 45 menit ( 4 X Pertemuan)
Disusun oleh :Drs.Aswin
UMUM
Modul ini merupakan kelanjutan dai Tradisi sejarah masyarakat Indonesia
Khusus
1. topik : kehidupan awal mayarakat Indonesia
2. kelas/semester : X (Sepuluh)/2
3. waktu : 4 X pertemuan (8X 45 menit )
Tujuan Pengajaran : Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan kehidupan awal mayarakat Indonesia
4. Pokok- pokok pelajaran :
¯ Penemuan Fosil-fosil manusia purba
¯ daerah penemuan manusia purba
¯ Jenis-jenis manusia Purba
¯ tokoh peneliti yang berkaitan dengan manusia purba
¯ perkembangan budaya yang berkaitan zaman batu
¯ kehidupan sosial manusia purba
¯ sistem kepercayaan manusia purba
¯ sistem kemasyarakatan manusia purba
¯ perkembangan awal zaman batu hingga jaman logam
5. Prosedur pengajaran :
a. Tugas dan kegiatan guru
¯ menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk memulai pelajaran
¯ mempersiapkan alat-alat yang dipergunakan/diperlukan untuk memulai pelajaran
¯ menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
¯ mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
¯ mengerjakan tes soal-soal latihan yang ada : http:// sman3 kotabumi@ blogspot.com (mari belajar dan mengajar)
b. Kegiatan siswa
¯ membaca petunjuk siswa
¯ memahami tujuan pembelajaran
¯ membaca dengan cermat teks pada Modul
¯ memberikan jawaban melalui Email dan membuat Peta konsep
¯ melakukan Broswing (internet) pada situs yang berkaitan dengan materi pokok pelajaran
¯ mengerjakan tugas pada lembar kerja dengan mengirim jawaban pada :
drsaswin@gmail.com
c. alat dan sumber:
¯ computer atau HP yang telah diseting untuk koneksi internet
¯ sumber :
¯bahan ajar sejarah kelas X KTSP ,drs.aswin dan dra.Baroroch ,SMA N 3 Kotabumi lampung Utara tahun 2007
¯bahan yang ada di internet yang berkaitan dengan sumber sejarah Naional
6.
7.
Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan kehidupan awal mayarakat Indonesia
PETUNJUK GURU UNTUK MODUL 3
Petemuan 1
MODUL 3 : SEJARAH NASIONAL INDONESIA
TOPIK: KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA
KELAS : X (SEPULUH)
WAKTU : 8 X 45 MENIT ( 4 x PERTEMUAN )
Disusun: drs . aswin
UMUM
Modul ini merupakan kelanjutan tradisi pra sejarah Indonesia
KHUSUS
¯TOPIK :Kehidupan awal masyrarakat Indonesia
¯kelas : X (sepuluh)
¯waktu : 8 X 45 menit (4 X pertemuan )
¯ tujuan pengajaran pertemuan pertama :setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelas tentang jenis-jenis manusia purba
Materi pokok :
¯ Penemuan posil-fosil manusia purba
¯ Zaman batu
Prosedur Pengajaran :
¯ tugas dan kegiatan guru
- menciptakan suasana kelas yang cocok untuk memulai pelajaran
- mempersiapkan alat-alat yang diberikan untuk pelajaran
- menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
- mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
-memberikan test pada siswa
¯kegiatan siswa
- mendengarkan penjelasan guru
- Memahami dan menanyakan bila dirasakan penjelasan guru masih kurang di mengerti
- membuka situs dan membaca petunjuk yang ada pada modul
- bekerja dan mengerjakan tugas- tugas yang diberikan yang ada.
¯ alat dan sumber
- komputer dan Hp yang telah diseting untuk internet
- situs-situs sejarah nasional yang berkaitan dengan materi
- e mail
¯ evaluasi
a. Prosedur Evaluasi : setiap latihan soal yang pada situs harus di jawab dengan e-mail .Pengisian jawaban dapat dilakukan ketika siswa log on computer/hp (on –line) dalam waktu ysng ditetapksn dengan diadakan evaluasi :
- pengisian lembar kerja
- pengamatan oleh guru
b. alat dan evaluasi
- lembar kerja siswa
- lembar tes (evaluasi)
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan 1 s.d 4
modul sejarah : sejarah Nasional Indonesia
topik : kehidupan awal masyarakat Indonesia
kelas/semester : X (sepuluh)
Waktu : 2 x 45 menit
PETUNJUK SISWA
Pelajaran ini merupakan kelanjutan Tradisi msyarakat Indonesia didalam (Kd.2). Oleh karena materi berhubungan dengan situs-situs sejarah maka diperlukan computer/Hp yang yang dapat terkoneksi pada internet. Untuk memahami langkah –langkah tersebut anda harus masuk kedalam http:// sman3 kotabumi @blogspot.com ( mari belajar mengajar) agar mendapat imformasi yang lebih lengkap tanyakan langsung pada e-mail drsaswin@gmail.com .Materi-materi pokok terdapat pada halaman tersebut beserta soal-soal latihannya.
Kegiatan 1 :
Carilah situs yang menyediakan pelayanan yang berhubungan manusia purba materi pokok k.d.3 (wikipedia.com)
Untuk memahami manusia puba Indonesia.
Tuliskan dalam email tentang penemuan fosil –fosil manusia purba
Tuliskan dalam email lokasi penemuanya
Cari situs dengan Google.com tentang manusia purba selusuri isinya dan copykan pada e-mail atau word yang telah dicari tadi
Coba di edit hal-hal yang penting pada materi tersebut simpan diflasdisk atau didownload
Kegiatan 2 :
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang tokoh-tokoh penemu fosil manusia purba pada :www.google.com untuk memahami mengenal tokoh-tokoh yang berkaitan dengan manusia purba.
Simpan bahan-bahan tadipada dokumen kirim ke email yang telah disediakan
Coba buat resume tentang tokoh penemu tersebut
Cari dan download gambar dari tokoh-tokoh tersebut
Simpan dan kirimkan pada email yang telah disediakan
Kegiatan 3 :
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang perkembangan kebudayaan manusia purba pada Wikipedia.com atau situs sejarah untuk memahami perkembangan budaya manusia purba.
Simpan dan buat resume hasil download tadi
Jawablah semua pertanyaan pada soal latihan pada email yang telah disediakan
Kegiatan 4 :
Cailah pada internet bahan atau materi pokok tentang zaman batu (culture stone) pada stus sejarah untuk memahami kehidupan dari zaman batu .
Download pada situs tentang zaman batu
Jawablah pertanyaan pada lembar kerja siswa
Buatlah kesimpulan dalam flasdisk atau lainnya
LEMBAR KERJA SISWA
Modul : Sejarah Nasional Indonesia
Topik : kehidupan awal masyarakat Indonesia
Kelas/semester : X /2
PETUNJUK CARA MENGISI LEMBAR KERJA
gunakan hasil resume dari internet tadi dengan menjawab sal-soal latihan dibawah ini dengan e-mail jawaban ke drsaswin@gmail.com
bekerjalah dengan cermat sesuai dengan urutan kegiatan yang telah ada
kerjakan pada lembar yang telah disediakan
kegiatan 1. (memahami manusia purba)
jelaskan jenis-jenis manusia purba ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Mengapa jenis manusia purna di keompok pada homo erectus ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kapan dimulai kehidupan manusia purba ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.sebutkan manusia purba yang ada di Indonesia ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.jelaskan ciri masing-masing manusia purba tersebut ? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 2 : (memahami tokoh-tokoh peneliti)
sebutkan tokoh-tokoh penemu manusia purba ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
bagaimana cara mereka menemukan manusia tersebut ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa mereka cendrung mendukung teori Darwin ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
dimana saja ditemukan manusia purba itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
teori apa saja yang telah ditemukan mereka ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
kegiatan 3 ; (memahami perkembangan kebudayaaan manusia purba)
Apa saja yang kebudayaan yang berkaitan dengan manusia purba ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa kehidupan mereka telah mengenal system kelompok ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan food Gatring ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa yang digunakan oleh manusia dalam mempertahan kehidupan ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Bagaimana hubungan manusia purba dengan lahirnya system kepercayaan ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 4 L(memahami zaman batu)
Apa yang dimaksud dengan zaman batu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan secara kronologis zaman batu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan hasil kebudayaan tiap zaman batu itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan menhir ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa saja hasil kebudayaan yang berkaitan dengan zaman batu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
c
MUDUL 4 KLAS X SEMESTER 2
Modul : Sejarah Nasional Indonesia
Standar Kompetensi :Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia
Kompetensi dasar : mengindentifikasikan peradaban awal mayarakat dunia yang berpngaruh terhadap peradaban di Indonesia
Kelas : X (sepuluh)
Semester :2 (dua)
Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan)
Disusun oleh :Drs.Aswin
UMUM
Modul ini merupakan kelanjutan dari kehidpan awal masyarakat Indonesia
Khusus
1. topik : kehidupan awal mayarakat dunia
2. kelas/semester : X (Sepuluh)/2
3. waktu : 4 X pertemuan (8X 45 menit )
Tujuan Pengajaran : Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan kehidupan awal mayarakat dunia
4. Pokok- pokok pelajaran :
¯ kebudayaan mesir kuno
¯ kebudayaan lembah Indus
¯ kebudayaan sungai kuning (huang-ho)
¯ kebudayaan Hoabind dan dongson
¯ kebudayaan aztek ,maya dan Inca
¯ kehidupan mesopotamia
¯ sistem kepercayaan
¯ sistem kemasyarakatan
¯ lahirnya peradaban dunia
5. Prosedur pengajaran :
a. Tugas dan kegiatan guru
¯ menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk memulai pelajaran
¯ mempersiapkan alat-alat yang dipergunakan/diperlukan untuk memulai pelajaran
¯ menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
¯ mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
¯ mengerjakan tes soal-soal latihan yang ada : http:// sman3 kotabumi.blogspot.com (mari belajar dan mengajar)
b. Kegiatan siswa
¯ membaca petunjuk siswa
¯ memahami tujuan pembelajaran
¯ membaca dengan cermat teks pada Modul
¯ memberikan jawaban melalui Email dan membuat Peta konsep
¯ melakukan Broswing (internet) pada situs yang berkaitan dengan materi pokok pelajaran
¯ mengerjakan tugas pada lembar kerja dengan mengirim jawaban pada :
drsaswin@gmail.com atau drs_aswin@yahoo.com
c. alat dan sumber:
¯ computer atau HP yang telah diseting untuk koneksi internet
¯ sumber :
¯bahan ajar sejarah kelas X KTSP ,drs.aswin dan dra.Baroroch ,SMA N 3 Kotabumi lampung Utara tahun 2007
¯bahan yang ada di internet yang berkaitan dengan sumber sejarah Naional
6. flaskdisk
Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan kehidupan awal mayarakat dunia
PETUNJUK GURU UNTUK MODUL 4
Petemuan 1 s.d 4
MODUL 3 : SEJARAH NASIONAL INDONESIA
TOPIK: KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT DUNIA
KELAS /semester: X (SEPULUH)/2
WAKTU : 8 X 45 MENIT ( 4 x PERTEMUAN )
Disusun: drs . aswin
UMUM
Modul ini merupakan kelanjutan kehidupan awal masyarakat Indonesia Indonesia
KHUSUS
¯TOPIK :Kehidupan awal masyrarakat dunia
¯kelas/semester : X (sepuluh)/2
¯waktu : 8 X 45 menit (4 X pertemuan )
¯ tujuan pengajaran pertemuan pertama :setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelas kebudayaan masyarakat dunia
Materi pokok :
¯ kebudayaaan dunia
¯ sistim kepercayaan dan kemasyarakatkan
Prosedur Pengajaran :
¯ tugas dan kegiatan guru
- menciptakan suasana kelas yang cocok untuk memulai pelajaran
- mempersiapkan alat-alat yang diberikan untuk pelajaran
- menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
- mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
-memberikan test pada siswa
¯kegiatan siswa
- mendengarkan penjelasan guru
- Memahami dan menanyakan bila dirasakan penjelasan guru masih kurang di mengerti
- membuka situs dan membaca petunjuk yang ada pada modul
- bekerja dan mengerjakan tugas- tugas yang diberikan yang ada.
¯ alat dan sumber
- komputer dan Hp yang telah diseting untuk internet
- situs-situs sejarah nasional yang berkaitan dengan materi
- e mail
¯ evaluasi
a. Prosedur Evaluasi : setiap latihan soal yang pada situs harus di jawab dengan e-mail .Pengisian jawaban dapat dilakukan ketika siswa log on computer/hp (on –line) dalam waktu ysng ditetapksn dengan diadakan evaluasi :
- pengisian lembar kerja
- pengamatan oleh guru
b. alat dan evaluasi
- lembar kerja siswa
- lembar tes (evaluasi)
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan 1 s.d 3
Modul 4
modul sejarah : sejarah Nasional Indonesia
topik : kehidupan awal masyarakat dunia
kelas/semester : X (sepuluh) /2
Waktu : 2 x 45 menit
PETUNJUK SISWA
Pelajaran ini merupakan kelanjutan kehidupan awal masyarakat Indonesia didalam (Kd.3). Oleh karena materi berhubungan dengan situs-situs sejarah maka diperlukan computer/Hp yang yang dapat terkoneksi pada internet. Untuk memahami langkah –langkah tersebut anda harus masuk kedalam http:// sman3 kotabumi.blogspot.com ( mari belajar mengajar) agar mendapat imformasi yang lebih lengkap tanyakan langsung pada e-mail drsaswin@gmail.com .Materi-materi pokok terdapat pada halaman tersebut beserta soal-soal latihannya.
Kegiatan 1 Lkebudayaan Dunia
Carilah situs yang menyediakan pelayanan yang berhubungan kebudayaan dunia materi pokok k.d.3 (wikipedia.com)
Untuk memahami kebudayaan dunia.
Tuliskan dalam email tentang kebudayaan awal dunia
Tuliskan dalam email lokasi penemuanya
Cari situs dengan Google.com tentang manusia purba selusuri isinya dan copykan pada e-mail atau word yang telah dicari tadi
Coba di edit hal-hal yang penting pada materi tersebut simpan diflasdisk atau didownload
Kegiatan 2( mesir kuno)
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang mesir kuno pada :www.google.com untuk memahami mesir kuno
Simpan bahan-bahan tadipada dokumen kirim ke email yang telah disediakan
Coba buat resume tentang kebudayaan mesir kuno
Cari dan download gambar dari tokoh-tokoh tersebut
Simpan dan kirimkan pada email yang telah disediakan
Kegiatan 3 Lkebudayaan lembah Indus)
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang peradaban lembah hindu pada Wikipedia.com atau situs sejarah untuk memahami perkembangan budaya HIndu
Simpan dan buat resume hasil download tadi
Jawablah semua pertanyaan pada soal latihan pada email yang telah disediakan
Kegiatan 4 L kebudayaan sungai kuning
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang peradaban sungai kuning (huang-ho) pada stus sejarah untuk memahami kehidupan masa peradanan sungai kuning huang-ho
Download pada situs tentang zaman cina kuno
Jawablah pertanyaan pada lembar kerja siswa
Buatlah kesimpulan dalam flasdisk atau lainnya
LEMBAR KERJA SISWA
MOdul 4
Modul 4 : Sejarah Nasional Indonesia
Topik : kehidupan awal masyarakat dunia
Kelas/semester : X /2
Tujuan : mengenal kehidupan awal masyarakat dunia
PETUNJUK CARA MENGISI LEMBAR KERJA
gunakan hasil resume dari internet tadi dengan menjawab sal-soal latihan dibawah ini dengan e-mail jawaban ke drsaswin@gmail.com
bekerjalah dengan cermat sesuai dengan urutan kegiatan yang telah ada
kerjakan pada lembar yang telah disediakan
kegiatan 1. (memahami kebudayaan dunia)
jelaskan peradaban dunia ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Mengapa peradaban yang berkembang pada sungai-sungai besar ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kapan dimulai kehidupan masyakat dunia ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.sebutkan dibenua mana saja lahirnya peradaban dunia itu ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.jelaskan ciri masing-masing peradaban dunia tersebut ? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 2 : (mesir kuno)
jelaskan kerajaan mesir kuno ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
bagaimana system kepercayaan mesir kuno ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa mereka mendirikan pyramid itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
dimana saja sissa peninggalan mesir kuno tersebut ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa pendapat tetang penemuan hurup higrolief dalam peradaban mesir kuno ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
kegiatan 3 ; (lembah Hindus)
Apa saja yang kebudayaan yang berkaitan dengan agama Hindu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa kehidupan lembah hindu telah mempunyai peradaban tinggi ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan system kasta ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa yang yang dajarkan budha gautama ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Bagaimana hubungan hubungan agama Hindu dan Budha ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 4 L(kebudayaan sungai kuning)
Apa yang dimaksud dengan dinasti ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan secara kronologis lahirnya kerajaan cina kuno ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan hasil kebudayaan sungai kuning itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan great of the wall itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa saja hasil kebudayaan yang berkaitan dengan kerajaan sungai kuning ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
MODUL 5 KELAS X SEMESTER 2
Untuk kelas 10 semester 2
Tahun 2008
Modul : Sejarah Nasional Indonesia
Standar Kompetensi :Menganalisis asal usul pesebaran manusia di kepulauan Indonesia
Kompetensi dasar : mengindentifikasikan proses imgrasi bangsa Melayu di Indonesia
Kelas : X (sepuluh)
Semester :2 (dua)
Waktu : 8 x 45 menit (4 X Pertemuan)
Disusun oleh :Drs.Aswin
UMUM
Modul ini diakses melalui internet dengan judul mari belajar dan mengajar didalam Bolok : sman3 kotabumi. Tentunya setelah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru yang bersangkutan.modul ini berkelanjutan dari pelajaran dikelas yang telah diberikan oleh guru agar siswa dapat memperkaya diri dengan pengetahuannya dalam menggali modul ini memberikan imformasi.merupakan kelanjutan dari kehidupan awal masyarakat dunia dan seielah membaca dan menyimak maka diberikan latihan-latihan dan menjawabnya dengan petunjuk – petunjuk yang ada dalam modul ini. Semoga modul ini bermanfaat bagi yang membacanya dan selamat mencoba
Khusus
1. topik : imigrasi bangsa Melayu di Indonesia
2. kelas/semester : X (Sepuluh)/2
3. waktu : 4 X pertemuan (8X 45 menit )
Tujuan Pengajaran : Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan proses imigrasi bangsa Melayu di Indonesia
4. Pokok- pokok pelajaran :
¯ proses imgrasi Proto Melayu
¯ proto melayu dan deuto Melayu
¯ asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
¯ sistem tehnologi
¯ system kemasyarakatan
¯ peninggalan budaya
¯ ciri-ciri budaya melayu
¯ perkembangan budaya Melayu
¯ memasuki zaman sejarah di Indonesia
5. Prosedur pengajaran :
a. Tugas dan kegiatan guru
¯ menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk memulai pelajaran
¯ mempersiapkan alat-alat yang dipergunakan/diperlukan untuk memulai pelajaran
¯ menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
¯ mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
¯ mengerjakan tes soal-soal latihan yang ada : http:// sman3kotabumi.blogspot.com (mari belajar dan mengajar)
b. Kegiatan siswa
¯ membaca petunjuk siswa
¯ memahami tujuan pembelajaran
¯ membaca dengan cermat teks pada Modul
¯ memberikan jawaban melalui Email dan membuat Peta konsep
¯ melakukan Broswing (internet) pada situs yang berkaitan dengan materi pokok pelajaran
¯ mengerjakan tugas pada lembar kerja dengan mengirim jawaban pada :
drsaswin@gmail.com atau drs_aswin@yahoo.com
c. alat dan sumber:
¯ computer atau HP yang telah diseting untuk koneksi internet
¯ sumber :
¯bahan ajar sejarah kelas X KTSP ,drs.aswin dan dra.Baroroch ,SMA N 3 Kotabumi lampung Utara tahun 2007
¯bahan yang ada di internet yang berkaitan dengan sumber sejarah Nasional
Masuk kedalam situs wikipedia agar dapat menggali imformasi yang lebih dalam
6. flaskdisk untuk menyimpan data hasil penjelajahan
Setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelaskan imigrasi bangsa Melayu di Indonesia
PETUNJUK GURU UNTUK MODUL 5
Petemuan 1 s.d 4
MODUL 5 : SEJARAH NASIONAL INDONESIA
TOPIK: IMIGRASI BANGSA MELAYU DI INDONESIA
KELAS /semester: X (SEPULUH)/2
WAKTU : 8 X 45 MENIT ( 4 x PERTEMUAN )
Disusun: drs . aswin
UMUM
Modul ini merupakan kelanjutan kehidupan awal masyarakat Indonesia
KHUSUS
¯TOPIK :Imigrasi bangsa melayu di Indonesia
¯kelas/semester : X (sepuluh)/2
¯waktu : 8 X 45 menit (4 X pertemuan )
¯ tujuan pengajaran pertemuan pertama :setelah menyelesaikan pelajaran ini siswa dapat menjelas kebudayaan Melayu
Materi pokok :
¯ imigrasi bangsa Mlayu ke Indonesia
¯ teori pesebaran manusia di KepulauanIndonesia
Prosedur Pengajaran :
¯ tugas dan kegiatan guru
- menciptakan suasana kelas yang cocok untuk memulai pelajaran
- mempersiapkan alat-alat yang diberikan untuk pelajaran
- menjelaskan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh siswa
- mengawasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan
-memberikan test pada siswa
¯kegiatan siswa
- mendengarkan penjelasan guru
- Memahami dan menanyakan bila dirasakan penjelasan guru masih kurang di mengerti
- membuka situs dan membaca petunjuk yang ada pada modul
- bekerja dan mengerjakan tugas- tugas yang diberikan yang ada.
¯ alat dan sumber
- komputer dan Hp yang telah diseting untuk internet
- situs-situs sejarah nasional yang berkaitan dengan materi
- e mail
¯ evaluasi
a. Prosedur Evaluasi : setiap latihan soal yang pada situs harus di jawab dengan e-mail .Pengisian jawaban dapat dilakukan ketika siswa log on computer/hp (on –line) dalam waktu ysng ditetapksn dengan diadakan evaluasi :
- pengisian lembar kerja
- pengamatan oleh guru
b. alat dan evaluasi
- lembar kerja siswa
- lembar tes (evaluasi)
- bahan latihan
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan 1 s.d 4
Modul 5
modul sejarah : sejarah Nasional Indonesia
topik : imigrasi bangsa Melayu di Indonesia
kelas/semester : X (sepuluh) /2
Waktu : 2 x 45 menit
Jumlah pertemuan : 4 X pertemuan
PETUNJUK SISWA
Pelajaran ini merupakan kelanjutan kehidupan awal masyarakat Indonesia didalam (Kd.3). Oleh karena materi berhubungan dengan situs-situs sejarah maka diperlukan computer/Hp yang yang dapat terkoneksi pada internet. Untuk memahami langkah –langkah tersebut anda harus masuk kedalam http://sman3kotabumi.blogspot.com ( mari belajar mengajar) agar mendapat imformasi yang lebih lengkap tanyakan langsung pada e-mail drsaswin@gmail.com .Materi-materi pokok terdapat pada halaman tersebut beserta soal-soal latihannya.
Kegiatan 1 LImigrasi bangsa Melayu di kepulauan Nusantara
Carilah situs yang menyediakan pelayanan yang berhubungan imigrasi bangsa Melayu di Indonesia materi pokok k.d.3 (wikipedia.com)
Untuk memahami bangsa Melayu.
Tuliskan dalam email tentang imigrasi bangsa Melayu di kepulauan di Nusantara (boleh copy dan Paste pada Halaman situs)
Tuliskan dalam email lokasi penemuan situs tersebut
Cari situs dengan Google.com tentang kegiatan 1 selusuri isinya dan copykan pada e-mail atau word yang telah dicari tadi
Coba di edit hal-hal yang penting pada materi tersebut simpan diflasdisk atau didikrimkan pada drsaswin@gmail.com
Kegiatan 2 proto melayu dan deuto Melayu)
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang proto melayu dan deutro melayu pada :www.google.com untuk memahami kebudayaan Melayu
Simpan bahan-bahan tadipada dokumen kirim ke email yang telah disediakan
Coba buat resume tentang kebudayaan Melayu
Cari dan download gambar dari kebudayaan Melayu
Simpan dan kirimkan pada email yang telah disediakan pada drsaswin@gmail.com
Kegiatan 3 L asal usul nenek moyang bangsa Indonesia)
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia pada Wikipedia.com atau situs sejarah untuk memahami perkembangan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
Simpan dan buat resume hasil download tadi
Jawablah semua pertanyaan pada soal latihan pada email yang telah disediakan (lihat dalam kegiatan siswa)
Kegiatan 4 L sistem tehnologi pada kebudayaan Melayu
Carilah pada internet bahan atau materi pokok tentang peradaban sungai kuning (huang-ho) pada stus sejarah untuk memahami kehidupan masa kebuadayaan Melayu
Download pada situs tentang kebudayaan Melayu
Jawablah pertanyaan pada lembar kerja siswa
Buatlah kesimpulan dalam flasdisk atau lainnya
LEMBAR KERJA SISWA
Modul 5
Modul 4 : Sejarah Nasional Indonesia
Topik : imigrasi bangsa Melayu di Indonesia
Kelas/semester : X /2
Tujuan : mengenal kehidupan awal masyarakat dunia
PETUNJUK CARA MENGISI LEMBAR KERJA
Jawablah lembar kerja ini pada E-mail : drsaswin@gmail.com atau drs_aswin41@yahoo.co.id .pengerjaan ini akses melalui internet atau akses Hp yang telah disetting untuk internet
gunakan temuan –temuan situs sebagai (Wikipedia )sebagai hasil hasil resume dari internet tadi dengan menjawab sal-soal latihan dibawah ini dengan e-mail jawaban ke drsaswin@gmail.com
bekerjalah dengan cermat sesuai dengan urutan kegiatan yang telah diatur
kerjakan pada lembar yang telah disediakan dengan mengirimkan email
kegiatan 1. (Imigrasi bangsa Melayu di kepulauan Nusantara)
jelaskan rute pesebaran bangsa Melayu ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Mengapa terjadi imigrasi bangsa Melayu ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kapan bangsa Melayu masuk ke Indonesia ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.sebutkan 2 bangsa melayu yang dating ke Indonesia ke Indonesia ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.jelaskan ciri-ciri bangsa melayu tersebut tersebut ? ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 2 : (proto melayu dan deuto Melayu)
jelaskan tentang proto Melayu dan dan deutro Melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
bagaimana cirri-ciri kehidupan Proto Melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa mereka melakukan rute barat ketika pertamakali masuk ke Indoneia ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa saja sisa peninggalan proto melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa pendapat tetang proto Melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
kegiatan 3 ; (asal usul nenek moyang bangsa Indonesia)
Apa saja teori-teori yang mengukap asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
mengapa teori-teori asal-usul nenek moyang kita berbeda-beda ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan nenek moyang kita dari Funan ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa yang yang disampaikan Moh.Yamin tentang asal nenek moyang bangsa Indonesia ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Bagaimana hubungan hubungan proto melayu dan deutro Melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan 4 L(system dan tehnologi bangsa Melayu)
jelaskan Apa tehnologi yang dibawa bangsa Melayu ke Indonesia ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan secara kronologis perkembangan masyarakat bangsa Melayu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
jelaskan hasil kebudayaan Melayu itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
apa yang dimaksud dengan Nirleka itu ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Apa saja hasil kebudayaan yang berkaitan dengan kerajaan yang ada di Indonesia ? ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
TUGAS -TUGAS UNTUK KELAS XI IPA
TUGAS INDIVIDU untuk XII IPA 1 & 3
Petunjuk :
1.kerjakan soal dibawah ini dengan mengunakan fasilitas yang ada di www.sman3kotabumi.blogspot.com atau Bimbel Wahid
2.kirimkan jawaban ke e-mail :drs_aswin@yahoo.com
3.bila belum mengerti dapat ditanyakan langsung pada Fasilitator
4.Tugas ini paling lambat 1 minggu dikirimkan
5. Selamat bekerja
Soal :
1. Apa latar mengenai G.30.S/PKI ?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Jelaskan tentang tokoh-tokoh yang terlibat dari gerakan G.30.S/PKI ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. bagaimana keadaan politik pra G.30.S/PKI ? ___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apa SUPERSEMAR itu ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Sasaran apa yang dilakukan PKI terhadap para Jendral ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6. Apa tidakan pemerintah pada G.30.S/PKI ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7. Apa peranan Pemerintah Orba dalam menyelesaikan G.30.S/PKI ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8. apa dasar pemerintahan Orde Baru ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9. Apa penyebab jatuhnya pemerintah Orde Lama ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
10. Demokrasi apakah yang diterapkan orde Baru pada awal pemerintahannya ? _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Dra.Baroroch
rpp b. arab
Program : Pilihan Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : X Semester : 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 MENDENGARKAN Identitas Diri Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri . 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat Memperkenalkan Diri Memperkenalkan orang lain • Huruf Hijaiyyah • Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema • Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah • Menirukan bunyi huruf hijaiyah • Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama • Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar • Melafalkan huruf-huruf Hijaiyah dengan fasih • Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama . Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar . Menentukan benar/salah ujaran yang didengar Jenis Tagihan: Tugas individu, praktik, ulangan harian, ulangan umum 30 x 45’ 38 x 45’ Buku Pelajaran Bahasa Arab Artikel Gambargambar Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/ Alat 1 2 3 4 5 6 7 1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat Qawaid: • Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya) • Fi’il (kata kerja) • Al-Harf (harf jar) • Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah) • Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media • Menyebutkan kata-kata yang didengar • Menuliskan beberapa kata yang didengar. • Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar • Mendiskusikan isi wacana lisan • Menuliskan isi wcana lisan secara umum • Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan. • Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. • Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. • Mencocokkan gambar dengan wacana lisan. Bentuk instrumen: Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda melengkapi. R/F, • Memaparkan isi wacana lisan secara umum • Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan • Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas • Menentukan informasi yang didengar melalui gambar Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/ Alat 1 2 3 4 5 6 7 BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri BERBICARA 2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat 2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat • Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi tepat • Melafalkan kata/kalimat di depan kelas • Mendiskusikan makna/isi gambar • Menyampaikan informasi/hasil diskusi di depan kelas • Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak • Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara • Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya • Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda • Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas • Bermain peran Berbicara KD 1 . Menirukan ujaran dengan tepat . Menyebutkan ujaran dengan tepat . Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 . Mengajukan pertanyaan sesuai konteks . Menjawab pertanyaan sesuai konteks . Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks . Melakukan percakapan sesuai konteks Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/ Alat 1 2 3 4 5 6 7 MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat • Memahami bentuk dan tema wacana sederhana . Menentukan informasi umum/. Menentukan informasi tertentu . Menentukan kata kunci dari . wacana tulis Membaca KD 1 . Menentukan bentuk wacana tulis . Menentukan tema wacana tulis 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana . Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok . Menentukan informasi rinci dari wacana tulis . Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks KD 2 . Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. . Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis . Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis . Menentukan informasi rinci dari wacana tulis . Menafsirkan makna . Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/ denah dsb . Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis kata/ungkapan sesuai konteks . Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis . Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut • Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. • Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/ Alat 1 2 3 4 5 6 7 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat • Membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di depan kelas • Menyanyikan lagu sesuai tema KD 3 . Melafalkan huruf dengan tepat . Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat MENULIS Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat • Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok • Menulis kata-kata yang didiktekan guru • Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok Menulis KD 1 • Menulis huruf hijaiyah • Menyusun kata, frasa Menulis kata dengan tepat . Menulis frasa/kalimat dengan tepat • Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis. • Membuat kalimat dengan katakata yang disediakan • Membuat wacana pendek Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/Bahan/ Alat 1 2 3 4 5 6 7 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai • Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok KD 2 . Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat • Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat . Menulis cerita/paparan singkat sesuai dengan gambar/bagan/ denah yang tersedia . Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat . Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana . Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat . Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
Kotabumi 9 Januari 2008 guru bidang studi Kepala SMA N 3 Kotabumi Bahasa Arab
Dra.Hj.Syarifah S.R.D Dra.Baroroch
NIP : 131404875 NIP :132005099
Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006
SMA N 3 Kotabumi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pertemuan KeAlokasi Waktu : Bahasa Arab : 8 : 2 x 45 menit Program Kelas/Semester : Bahasa : XI / 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok & Uraian Materi MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah, BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah, 1.3 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat BERBICARA 10.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat 10.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat Mendengarkan KD 1 • Menentukan bentuk huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar • Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih • Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama . Membedakan bunyi huruf Hijaiyyah dari kosa kata yang mirip . Membedakan bunyi yang didengar . Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar . Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar . Menentukan benar/salah ujaran yang didengar . Membedakan intonasi dari konteks yang didengar Berbicara KD 1 . Menirukan ujaran dengan tepat . Menyebutkan ujaran dengan tepat . Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 . Mengajukan pertanyaan sesuai konteks . Menjawab pertanyaan sesuai konteks . Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks . Melakukan percakapan sesuai konteks IDENTITAS DIRI Memperkenalkan Diri Memperkenalkan orang lain Percakapan singkat sederhana tentang identitas diri Teks lisan singkat sederhana, tentang identitas diri Yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema. Redemittel: Salam : Assalamu’alaikum, shabaahal khair, nahar saied, lailah saiedah... Menanyakan keaadaan; Kaifa haaluk ? Menyatakan dan menjawab ucapan terima kasih Menanyakan dan menjawab nama diri Menanyakan dan menjawab tempat tinggal Menanyakan dan menjawab asal daerah/kota Menanyakan dan menjawab status pekerjaan (siswa) Menanyakan dan menjawab nomor telepon Menanyakan dan menjawab nama orang lain Struktur: Jumlah Ismiyyah Jumlah Fi’liyyah Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok & Uraian Materi Qawaid: Ism (kata benda, kata ganti, kata tanya) Fi’il (kata kerja) Al-Harf (harf jar) Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah). Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memperkenalkan diri kepada orang lain, yang memahami bahasa Jerman Metode Pembelajaran : Tanya-jawab, bermain dengan gambar, bermain peran, ceramah Langkah-langkah Pembelajaran : • Mengucapkan Salam • Siswa menirukan salam • Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan nama diri • Siswa memperkenalkan nama diri • Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri • Siswa menyebutkan ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri • Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan tempat tinggal • Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan tempat tinggal • Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan kebangsaan • Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan kebangsaan • 3 orang siswa tampil memperkenalkan diri (nama, pekerjaan, alamat, kebangsaan) • Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan nama diri • Siswa menirukan • Siswa bertanya kepada teman sebangku • Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan pekerjaan • Siswa menirukan • Siswa bertanya kepada teman sebangku • Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan tempat tinggal • Siswa menirukan • Siswa bertanya kepada teman sebangku • Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan kebangsaan • Siswa bertanya kepada teman sebangku • Siswa berlatih bertanya jawab • 3 pasang siswa melakukan dialog di depan kelas Alat dan Sumber Belajar : Buku Pelajaran Bahasa Arab, guntingan kata-kata, guntingan kalimat Penilaian : Praktik
Kotabumi 9 Januari 2008 guru bidang studi Kepala SMA N 3 Kotabumi Bahasa Arab
Dra.Hj.Syarifah S.R.D Dra.Baroroch
NIP : 131404875 NIP :132005099
Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Satuan Pendidikan - SMA 2006
silabus b. arab
SILABUS
Nama Sekolah : SMA N 3 KOTABUMI Program : Pilihan
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/
Alat
1
2
3
4
5
6
7
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
.
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
Identitas Diri
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
· Huruf Hijaiyyah
· Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema
· Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
· Menirukan bunyi huruf hijaiyah
· Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
· Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
· Melafalkan huruf-huruf Hijaiyah dengan fasih
· Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
§ Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
§ Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Jenis Tagihan:
Tugas individu, praktik, ulangan harian, ulangan umum
30 x 45’
38 x 45’
Buku Pelajaran Bahasa Arab
Artikel
Gambar-gambar
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Qawaid:
· Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya)
· Fi’il (kata kerja)
· Al-Harf (harf jar)
· Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)
· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
· Menyebutkan kata-kata yang didengar
· Menuliskan beberapa kata yang didengar.
· Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar
· Mendiskusikan isi wacana lisan
· Menuliskan isi wcana lisan secara umum
· Memaparkan isi wacana lisan secara umum
· Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan
· Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas
· Menentukan informasi yang didengar melalui gambar
· Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
· Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
· Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
· Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.
Bentuk instrumen:
Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda
melengkapi. R/F,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
BERBICARA
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
· Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi tepat
· Melafalkan kata/kalimat di depan kelas
· Mendiskusikan makna/isi gambar
· Menyampaikan informasi/hasil diskusi di depan kelas
· Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak
· Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
· Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya
· Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
· Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara di depan kelas
· Bermain peran
Berbicara
KD 1
§ Menirukan ujaran dengan tepat
§ Menyebutkan ujaran dengan tepat
§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan percakapan sesuai konteks
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MEMBACA
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat
3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
· Memahami bentuk dan tema wacana sederhana
§ Menentukan informasi umum/
§ Menentukan informasi tertentu
§ Menentukan kata kunci dari
§ wacana tulis
§ Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok
§ Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/ denah dsb
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
§ Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut
Membaca
KD 1
§ Menentukan bentuk wacana tulis
§ Menentukan tema wacana tulis
KD 2
§ Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§ Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§ Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
· Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
· Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
· Membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di depan kelas
· Menyanyikan lagu sesuai tema
KD 3
§ Melafalkan huruf dengan tepat
§ Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
· Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok
· Menulis kata-kata yang didiktekan guru
· Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok
· Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.
· Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan
· Membuat wacana pendek
Menulis
KD 1
· Menulis huruf hijaiyah
· Menyusun kata, frasa Menulis kata dengan tepat
§ Menulis frasa/kalimat dengan tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
· Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok
· Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
§ Menulis cerita/paparan singkat sesuai dengan gambar/bagan/ denah yang tersedia
KD 2
§ Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/
denah dsb.
KOTABUMI, JANUARI 2008
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
DRA.Hj.SYARIFAH SRD _DRA.BAROROCH
NIP. 131404875 NIP. 132055099
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Program : Bahasa
Pertemuan Ke : 8 Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok & Uraian Materi
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah,
1.3 Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan membedakan secara tepat
BERBICARA
10.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
10.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Mendengarkan
KD 1
· Menentukan bentuk huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
· Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
· Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
§ Membedakan bunyi huruf Hijaiyyah dari kosa kata yang mirip
§ Membedakan bunyi yang didengar
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
§ Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
§ Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§ Membedakan intonasi dari konteks yang didengar
Berbicara
KD 1
§ Menirukan ujaran dengan tepat
§ Menyebutkan ujaran dengan tepat
§ Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan percakapan sesuai konteks
IDENTITAS DIRI
Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan orang lain
· Percakapan singkat sederhana tentang identitas diri
· Teks lisan singkat sederhana, tentang identitas diri
Yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Redemittel:
· Salam :
Assalamu’alaikum, shabaahal khair, nahar saied, lailah saiedah...
· Menanyakan keaadaan; Kaifa haaluk ?
· Menyatakan dan menjawab ucapan terima kasih
· Menanyakan dan menjawab nama diri
· Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
· Menanyakan dan menjawab asal daerah/kota
· Menanyakan dan menjawab status pekerjaan (siswa)
· Menanyakan dan menjawab nomor telepon
· Menanyakan dan menjawab nama orang lain
Struktur:
Jumlah Ismiyyah
Jumlah Fi’liyyah
Qawaid:
· Ism (kata benda, kata ganti, kata tanya)
· Fi’il (kata kerja)
· Al-Harf (harf jar)
Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah).
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu memperkenalkan diri kepada orang lain, yang memahami bahasa Jerman
Metode Pembelajaran : Tanya-jawab, bermain dengan gambar, bermain peran, ceramah
Langkah-langkah Pembelajaran :
Mengucapkan Salam
Siswa menirukan salam
Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan nama diri
Siswa memperkenalkan nama diri
Guru memberi contoh ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
Siswa menyebutkan ungkapan memperkenalkan status pekerjaan diri
Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan tempat tinggal
Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan tempat tinggal
Guru memberi contoh ungkapan menyebutkan kebangsaan
Siswa menyebutkan ungkapan menyebutkan kebangsaan
3 orang siswa tampil memperkenalkan diri (nama, pekerjaan, alamat, kebangsaan)
Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan nama diri
Siswa menirukan
Siswa bertanya kepada teman sebangku
Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan pekerjaan
Siswa menirukan
Siswa bertanya kepada teman sebangku
Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan tempat tinggal
Siswa menirukan
Siswa bertanya kepada teman sebangku
Guru memberi contoh ungkapan untuk menanyakan kebangsaan
Siswa bertanya kepada teman sebangku
Siswa berlatih bertanya jawab
3 pasang siswa melakukan dialog di depan kelas
Alat dan Sumber Belajar : Buku Pelajaran Bahasa Arab, guntingan kata-kata, guntingan kalimat
Penilaian : Praktik
KOTABUMI, JANUARI 2008
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
DRA.Hj.SYARIFAH SRD _DRA.BAROROCH
NIP. 131404875 NIP. 132055099
1 komentar:
Kata orang, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya... Dan pahlawan yg hampir tidak pernah dirasakan kehadirannya adalah seorang pengajar. Pengajarlah yang mengukir sejarah itu sendiri melalui tangan-tangannya memperbaharui peradaban setelahnya.. Maju Indonesiaku, maju bersama membangun harapan masa depan, dan senantiasa sempurnakan dengan Doa..
Selamat kepada tim blogger ini, semoga dapat memberikan sumbangsih bagi bangsa... Amien..
Hamid//Indosat Kotabumi
Posting Komentar